Senin, 02 Maret 2009

BERKARIER DI PERUSAHAAN HUTAN TANAMAN INDUSTRI (HTI)

Kawan-kawan sekalian, bagi yang berminat atau ingin mengetahui tentang bagaimana berkarier di perusahaan hutan tanaman industri, saat ini akan coba saya uraikan.

Tujuan utama pembangunan perusahaan hutan tanaman industri, adalah untuk menghasilkan kayu sebanyak-banyaknya per satuan luas lahan yang kita budidayakan. Tujuan ini perlu difahami dengan baik oleh semua orang yang berminat berkarir di HTI. Bisnis utamanya adalah Kayu. Sehingga semua sumberdaya yang ada di dalam perusahaan, hendaknya berfokus untuk membangun tanaman yang memiliki survival rate tinggi hingga akhir daur, MAI yang optimal, dan tanaman yang sehat.

Bagi teman-teman yang ingin berkarier di bidang hutan tanaman industri, saat ini banyak terdapat perusahaan-perusahaan HTI, yang tergabung dalam group RGM atau APRIL diantaranya : PT. RAPP, PT. Toba Pulp Lestari, PT. Adindo Foresta, PT.ITCI Hutani Manunggal dll. Perusahaan yang tergabung dalam Group Sinarmas diantaranya : PT. Arara Abadi, PT. Sebangun Bumi Andalas (SBA), PT. Surya Hutani Jaya, PT. Finnantara Intiga dll. Perusahaan lainnya yang tergabung dalam group Sumalindo seperti PT. Sumalindo Lestari Jaya dll. Group Djarum yaitu PT.Fadjar Surya Swadaya, Group Medco PT.Medco Papua Lestari. Serta beberapa perusahaan-perusahaan HTI lainnya.

Di perusahaan HTI secara umum terdapat dua kelompok pekerjaan yaitu, supporting dan operasional. Supporting bertugas untuk mensupport operasional pembangunan hutan tanaman hingga pemanenan. Sementara operasional adalah kelompok pekerjaan dari mulai penyiapan lahan, pembuatan tanaman, pemeliharaan tanaman, pengendalian hama penyakit, hingga pemanenan.

Contoh kelompok pekerjaan dibidang supporting adalah, bagian keuangan, bagian manajemen material (pembelian), logistik (gudang), bagian manajemen kontrak kerja, internal audit, bisnis kontrol, audit kualitas tanaman, R&D, environment, bagian perencanaan, HRD. Sedangkan operasional mencakup bidang persemaian, operasional pembuatan dan pemeliharaan tanaman, dan pemanenan.

Bagi sarjana pertanian atau kehutanan biasanya ditempatkan di bagian operasional, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk ditempatkan di bagian supporting. Di bagian operasional, sarjana lulusan pertanian atau kehutanan biasanya ditempatkan sebagai asisten persemaian,asisten pembuatan tanaman dalam bidang : penyiapan lahan, penanaman dan pemeliharaan tanaman. Assisten di dalam struktur organisasi sama dengan supervisor, yang bertanggung jawab kepada superintendent/asisten kepala dan membawahi beberapa orang mandor/foreman.

Sistem penilaian hasil pekerjaan bagi assisten didasarkan pada prestasi di lapangan, misalkan bagi asisten bidang penanaman, dinilai dari kualitas tanaman pada petak yang berada di bawah koordinasinya, juga dengan realisasi luasan tanam dibandingkan dengan plan yang telah disusun.
Sistem reward & punishment juga menjadi bagian yang biasanya diterapkan dalam pelaksanaan pekerjaan.

1 komentar:

  1. Yth Bapak Toni,

    Saya baru saja diminta untuk mengelola SDM di salah satu perusahaan HTI, bidang baru bagi saya, untuk itu saya mohon bantuan untuk struktur organisasi yg ideal untuk HTI dan jabatan apa yang dapat di outsourcing, terima kasih Pak dan selamat menyongsong Tahun Baru 2010, sukses dan sehat.

    Andre

    BalasHapus